Rabu, 01 Juli 2015

Analisis Aspek Pemasaran

ANALISIS ASPEK PEMASARAN
Sebagian dari Anda mungkin tidak terpikirkan untuk budidaya cacing, memang cacing tanah merupakan salah satu hewan yang cukup dicari oleh beberapa kalangan seperti untuk bahan obat atau pakan burung. Namun sayangnya, walapun jumlah permintaan akan cacing tanah tinggi, para pelaku usaha umumnya kurang tertarik untuk berkecimpung di dunia usaha cacing tanah.Analisa aspek pemasaran akan memberikan informasi yang cukup untuk melihat daya beli, persaingan, daerah pemasaran, peluang pasar, harga pasar dan lain-lain. Karena itu memerlukan pemikiran dan pertimbangan mengenai beberapa hal sebagai berikut:
û    Segmentasi pasar
û    Berdasarkan wilayah distribusi dan kemampuan konsumen yang akan menjadi segmen pemasaran produk cacing tanah adalah petani, peternak dan distributor.
û    Berdasarkan pendapatan:
Pendapatan menengah kebawah mengarah kepada peatani dan peternak untuk dikomsumsi sendiri.
Pendapatan menengah keatas mengarah kepada distributor maupun industri, pupuk, kosmetik dan pakan ternak untuk diolah kembali.
Berdasarkan hobi segmentasi kami adalah orang yang suka memancing.

û    Target
Target Pasar Setelah menentukan segmentasi pasar, maka yang akan menjadi target pasar adalah petani, peternak, serta distributor di wilayah Yogyakarta khususnya di daerah Sleman. Dan target umumnya adalah petani diwilayah Yogyakarta dan sekitarnyayang belum mengenal betul dengan produk olahan cacing,
û    Strategi Pasar
Strategi pasar dapat diaplikasikan khususnya pada empat hal pada produk, yaitu pada produk itu sendiri, harga produk, promosi produk kepada pasar, dan distribusi produk untuk dapat sampai pada tangan konsumen. Strategi pemasaran penting untuk direncanakan dan dipetimbangkan agar usaha yang dilakukan perusahaan tidak kalah bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Strategi pasar yang digunakan 4P yaitu product, price, promotion dan place.
1.      Product (produk)
Produk yang difokuskan untuk dipasarkan adalah cacing tanah jenis lumbricus rubellus dijual segar per kilogram beratnya. Strategi yang digunkan untuk produk adalah keseragman ukuran cacing melalui pengaturan pemberian pakan dan kebersihan cacing yang dpasarkan. Produk cacing tanah ini merupakan salah satu produk yang mempunyai mltimanfaat, baik untuk kepentingan persediaan industri pakan ternak, dan ikan nasional, memasok kebutuhan farmasi dan obat-obata, mengubah limbah organik menjadi media tanam yang baik dalam mendukung usaha pertanian, serta menumbuhkan usaha eknomi kerakyatan.
2.      Price
Harga yang ditetapkan untuk cacing dihitung per kilogram (kg), dimana dipasar untuk satu kilogram cacing tanah dijual dengan harga kisaran Rp 30.000,-Rp 60.000. harga yang diterapkan perusahaan adalah Rp 46.000 per kg lebih murah jika dibandingkan di harga pasar yaitu Rp 50.000 per kg. Untuk konsumen yang menjadi pelanggan tetap tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan potongan harga, dan untuk pemesan berskala besar kan mendapatkan potongan harga.
3.      Promotion
Perusahaan ini merupakan perusahaan yang masih sangat baru dalam usaha cacing tanah ini, sehingga publikasi keberadaan perusahaan kepada konsumen sangat penting untuk dilakukan agar para konsumen dapat mengetahui adanya perusahaan di sekitar mereka yang memproduksi cacing tanah. Untuk awal mulanya promosi yang digunakan perusahaan ini adalah promosi dari mulut ke mulut dengan memanfaatkan hubungan yang baik dengan warga sekitar lokasi yang pada umumnya merupakan petani, peternak ikan dan ayam di wilayah Nganjuk. Untuk kedepannya perusahaan akan melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook, dan melalui pembuatan web atau blog agar lebih dikenal di wilayah Nganjuk dan sekitarnya
4.      Place
Pemilihan lokasi produksi merupakan salah satu alasan untuk menunjang distribusi produk kepada konsumen. Terjangkaunya lokasi oleh sarana transportasi akan memudahkan penyaluran produk kepada konsumen. Sistem distribusi yang diterapkan untuk perusahaan ini adalah pengantaran langsung kepada konsumen (delivery order) dengan maksud memudahkan dan memanjakan konsumen agar tertarik untuk memesan produk. Tentu saja dengan memperhatikan lokasi konsumen dan skala pemesanan, untuk wilayah sekitar pakem tidak dikenakan tarif transportasi,sedangkan untuk luar wilayah pakem akan dikenakan biaya transportasi sesuai dengan lokasi konsumen, semakin jauh lokasi konsumen maka semakin besar pula tarif yang akan dikenakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar