ANALISIS ASPEK PEMASARAN
Sebagian dari Anda
mungkin tidak terpikirkan untuk budidaya cacing, memang cacing tanah merupakan
salah satu hewan yang cukup dicari oleh beberapa kalangan seperti untuk bahan
obat atau pakan burung. Namun sayangnya, walapun jumlah permintaan akan cacing
tanah tinggi, para pelaku usaha umumnya kurang tertarik untuk berkecimpung di
dunia usaha cacing tanah.Analisa aspek pemasaran akan memberikan informasi yang
cukup untuk melihat daya beli, persaingan, daerah pemasaran, peluang pasar,
harga pasar dan lain-lain. Karena itu memerlukan pemikiran dan pertimbangan
mengenai beberapa hal sebagai berikut:
û
Segmentasi pasar
û
Berdasarkan wilayah distribusi dan kemampuan
konsumen yang akan menjadi segmen pemasaran produk cacing tanah adalah petani,
peternak dan distributor.
û
Berdasarkan pendapatan:
Pendapatan menengah kebawah mengarah kepada
peatani dan peternak untuk dikomsumsi sendiri.
Pendapatan menengah keatas mengarah kepada
distributor maupun industri, pupuk, kosmetik dan pakan ternak untuk diolah
kembali.
Berdasarkan hobi segmentasi kami adalah orang
yang suka memancing.
û
Target
Target Pasar Setelah menentukan segmentasi pasar, maka yang akan
menjadi target pasar adalah petani, peternak, serta distributor di wilayah
Yogyakarta khususnya di daerah Sleman. Dan target umumnya adalah petani
diwilayah Yogyakarta dan sekitarnyayang belum mengenal betul dengan produk
olahan cacing,
û
Strategi Pasar
Strategi pasar dapat diaplikasikan khususnya pada empat
hal pada produk, yaitu pada produk itu sendiri, harga produk, promosi produk
kepada pasar, dan distribusi produk untuk dapat sampai pada tangan konsumen.
Strategi pemasaran penting untuk direncanakan dan dipetimbangkan agar usaha
yang dilakukan perusahaan tidak kalah bersaing dengan perusahaan lain yang
bergerak dalam bidang yang sama. Strategi pasar yang digunakan 4P yaitu
product, price, promotion dan place.
1.
Product (produk)
Produk yang difokuskan untuk dipasarkan adalah cacing
tanah jenis lumbricus rubellus dijual segar per kilogram beratnya. Strategi
yang digunkan untuk produk adalah keseragman ukuran cacing melalui pengaturan
pemberian pakan dan kebersihan cacing yang dpasarkan. Produk cacing tanah ini
merupakan salah satu produk yang mempunyai mltimanfaat, baik untuk kepentingan
persediaan industri pakan ternak, dan ikan nasional, memasok kebutuhan farmasi
dan obat-obata, mengubah limbah organik menjadi media tanam yang baik dalam
mendukung usaha pertanian, serta menumbuhkan usaha eknomi kerakyatan.
2.
Price
Harga yang ditetapkan untuk cacing dihitung per kilogram
(kg), dimana dipasar untuk satu kilogram cacing tanah dijual dengan harga
kisaran Rp 30.000,-Rp 60.000. harga yang diterapkan perusahaan adalah Rp 46.000
per kg lebih murah jika dibandingkan di harga pasar yaitu Rp 50.000 per kg.
Untuk konsumen yang menjadi pelanggan tetap tidak menutup kemungkinan untuk
mendapatkan potongan harga, dan untuk pemesan berskala besar kan mendapatkan
potongan harga.
3.
Promotion
Perusahaan ini merupakan perusahaan yang masih sangat baru dalam usaha
cacing tanah ini, sehingga publikasi keberadaan perusahaan kepada konsumen
sangat penting untuk dilakukan agar para konsumen dapat mengetahui adanya
perusahaan di sekitar mereka yang memproduksi cacing tanah. Untuk awal mulanya
promosi yang digunakan perusahaan ini adalah promosi dari mulut ke mulut dengan
memanfaatkan hubungan yang baik dengan warga sekitar lokasi yang pada umumnya
merupakan petani, peternak ikan dan ayam di wilayah Nganjuk. Untuk kedepannya
perusahaan akan melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook, dan
melalui pembuatan web atau blog agar lebih dikenal di wilayah Nganjuk dan
sekitarnya
4.
Place
Pemilihan lokasi produksi merupakan salah satu alasan untuk menunjang
distribusi produk kepada konsumen. Terjangkaunya lokasi oleh sarana
transportasi akan memudahkan penyaluran produk kepada konsumen. Sistem
distribusi yang diterapkan untuk perusahaan ini adalah pengantaran langsung
kepada konsumen (delivery order) dengan maksud memudahkan dan memanjakan
konsumen agar tertarik untuk memesan produk. Tentu saja dengan memperhatikan
lokasi konsumen dan skala pemesanan, untuk wilayah sekitar pakem tidak
dikenakan tarif transportasi,sedangkan untuk luar wilayah pakem akan dikenakan
biaya transportasi sesuai dengan lokasi konsumen, semakin jauh lokasi konsumen
maka semakin besar pula tarif yang akan dikenakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar